Serius Melamar Pekerjaan, Personal Branding Pencari Kerja

Serius Melamar Pekerjaan, Personal Branding Pencari Kerja. fokuslah untuk menjadi apa yang Anda inginkan dan perusahaan cari tentang potensi diri Anda. Itulah personal branding.
Share it:
Pencari kerja atau pelamar pada lowongan pekerjaan (loker) harus mulai serius membuat lamaran. Lamaran (job aplication) merepresentasikan personal brand pencari kerja. Sehingga jika minat ingin bekerja serius harus diwujudkan pada lamaran yang baik dan bagus.
Surat lamaran kerja yang serius menunjukkan bahwa Anda juga serius ingin bekerja. Bukan sekadar coba-coba mendapat peruntungan. Coba tentukan goal bidang pekerjaan yang Anda inginkan, fokuslah untuk menjadi apa yang Anda inginkan dan perusahaan cari tentang potensi diri Anda. Itulah personal branding.
Banyak tips untuk membuat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, namun freshgraduate atauexpert sekalipun jarang yang mengemas surat lamaran menjadi hal yang mudah untuk diperhatikan bagian HRD.
Bersyukurlah, teknologi mengurangi biaya membuat surat lamaran. Cukup dengan transfer digital untuk menceritakan diri Anda, bakat dan kemampuan Anda, dengan hanya melalui email! Tidak perlu keluar uang berkali-kali untuk fotokopi, amplop, perangko dan pos. Jadi buatlah personal brand Anda sebagai pelamar kerja jauh lebih menonjol daripada pelamar yang lain!
Buat surat elektonik (email) lamaran kerja yang baik dan benar. Tujukan email secara ekskusif hanya untuk dikirim kepada email satu perusahaan itu saja. Meski hari itu Anda sedang melamar juga kepada perusahaan lain, jangan pernah kirim dengan email massal. Ingat Anda tak perlu bayar berkali-kali untuk fotokopi, amplop, perangko dan pos untuk mengirim email lamaran. Jangan ambil mudahnya saja!
Tuliskan posisi yang diminta pada subjek dan slogan personal brand Anda untuk meraih perhatian. Misal subjeknya adalah “Lamaran Designer – Agus Ridwan (29 th) Desainer Buku dari Bandung” atau “Posisi Designer – Agus Ridwan Desainer Buku Anak Berpengalaman”, atau buat yang lebih heboh daripada contoh ini. Tapi, ketika diminta ditujukan kepada departemen tertentu atau dengan subjek tertentu tuliskan sesuai yang diminta. Jangan pernah tidak menuliskan subjek, jika tidak ingin berakhir di folder spam.
Tuliskan surat lamaranmu pada badan email. Setelah isi kolom “Kepada” dan“Subjek”, jangan malas untuk ketik surat di sini. Mulai dari kalimat salam, ceritakan bahwa Anda mengetahui perusahaan tersebut membuka lamaran dari koran, bio singkat mengenai diri Anda hingga passionKemudian tutup dengan paragraf bahwa Anda berharap untuk berkerja di perusahaan tersebut dan untuk itu Anda melengkapi surat/email lamaran Anda sertakan berkas pendukung dalam lampiran (attachment). Ingat jika email lamaran Anda menarik, niscaya HRD akan mengunduh attachmentAnda. Jangan lupa nomor telepon Anda.
Buat lampiran dengan curriculum vitae (CV) yang benar, jelas dan meyakinkan. Pakai foto diri Anda dalam dokumen tersebut. Tambahkan resume dan surat referensi untuk menegaskan Anda pernah bekerja pada pengalaman kerja Anda, atau buatlah galeri karya (portfolio). Sebaiknya CV dan portfolio dibuat dalam satu dokumen, lengkap dengan scan identitas dan scan ijazah. Jangan berikan attachment yang banyak dan terpisah-pisah. 
Jangan pakai RAR atau ZIP folder, gunakan satu file PDF saja. PDF akan memudahkan HRD membaca lampiran Anda tanpa harus mengunduh, yang mana mengunduh akan butuh waktu lagi mencari Anda diantara belantara pelamar.
Akun sosial media, perlukah? Jika diminta harus kasih. Perusahaan akan melihat attitute atau akhlak Anda di sosial media, bagaimana Anda post dan berkomentar, apa yang Anda bagi dan foto-foto yang menunjukkan kegiatan Anda.
Jika ingin mendapatkan perhatian serius dari HRD perusahaan, mulailah serius mengelola personal branding Anda dengan membuat secara serius surat lamaran kerja.
Share it:
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Brand Activation

Brand Analysis

Branding Strategy

Consumer Behaviour

Intellectual Property

Place Branding

Product Development

Post A Comment:

0 comments: